Saturday, January 26, 2013

Explanation Text : Generic Structur


explanation text menjadi sesuatu teks yang memuat perihal proses-proses yang terkait dengan fenomena-fenomena alam, soisal, ilmu dan pengetahuan, budaya serta yang lain. sesuatu explanation text kebanyakan datang dari pertanyaan penulis mengenai ‘why’ serta ‘how’ pada satu fenomena yang ada.

adapaun tujuan dari explanation text merupakan untuk menerangkan proses-proses yang berlangsung di dalam pembentukan atau aktivitas yang mengenai dengan fenomena-fenomena alam, sosial, ilmu dan pengetahuan, budaya, serta yang lain yang memiliki tujuan menjelaskan.

generic structur explanation text

di dalam explanation text mesti ada tiga unsur sisi susunan kata-kata explanation text, yakni :

general statement
di dalam general statement memuat perihal penjelasan umum perihal fenomena yang dapat dikaji, dapat berbentuk pengenalan fenomena tersebut atau pembicaraannya.

squenced of explanation
a squenced of explanation memuat perihal penjelasan sistem kenapa fenomena tersebut dapat berlangsung atau tercipta. a squenced of explanation berbentuk jawaban dari pertanyaan ‘why’ serta ‘how’ penulis saat bikin sesuatu explanation text. di dalam squenced of explanation dapat terdiri sekitar lebih satu paragrap.

closing
sesungguhnya closing itu tidak terdaftar di dalam generic structure dari explanation text, tapi biasanya orang berpikiran bahwa paragrap paling akhir dari sesuatu explanation text merupakan closing, walau sebenarnya itu menjadi sisi dari squenced of explantaion yang memuat perihal langkah akhir yang diterangkan di bagian squenced of explanation.

biar lebih memahami lebih detil dari explanation tersebut, maka explanation text mesti ada tanda-tanda yang salah satunya adalah

1. memanfaatkan simple present tense
2. mengguankan abstract noun ( kata benda yang kelihatan )
3. mengguanakan passive voice
4. memanfaatkan action verbs 

No comments:

Post a Comment